Ulasan Seputar Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kanan

  • Whatsapp
Ulasan-Seputar-Penyebab-dan-Cara-Mengobati-Sakit-Kepala-Sebelah-Kanan

Kepala merupakan bagian tubuh yang memegang peranan sangat penting dalam kehidupan. Di kepala terdapat otak yang merupakan sumber memori dan pikiran. Karenanya kepala dilindungi oleh tulang tengkorak yang keras agar terhindar dari bahaya akibat benturan. Namun seringkali masalah kesehatan di kepala tidak berasal dari benturan. Seringnya sakit kepala muncul baik dalam skala kecil atau besar justru disebabkan karena kondisi kesehatan lainnya. Salah satunya adalah sakit kepala sebelah kanan atau migrain. Sakit kepala sebelah ini bisa dipicu oleh banyak faktor hingga menyebabkan rasa sakit yang sangat mengganggu. Bagi Anda yang sering mengalaminya, berikut ini adalah penyebab sakit kepala sebelah dan cara mengatasinya.

Sakit kepala di sebelah kanan saja bisa disebabkan karena Migrain kronis. Migrain sendiri merupakan kondisi dimana Anda mengalami sakit kepala di salah satu sisi saja. Migrain sebenarnya bisa terjadi baik di sisi sebelah kiri maupun kanan. Namun jika mIgrain ini tak segera disembuhkan dan menjadi penyakit yang kerap muncul maka lama-kelamaan gejalanya hanya akan menyerang kepala sebelah kanan dengan frekuensi yang lebih sering. Saat migrain, kepala rasanya berdenyut kencang disertai rasa nyeri. Selain itu kondisi ini juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami sensitivitas pada suara, cahaya dan bau makanan hingga kerap muntah.

Selain migrain kronis, berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit kepala di sebelah kanan:

1. Sakit kepala cluster.

Sakit kepala di sebelah kanan terutama di sekitar mata merupakan ciri sakit kepala yang disebabkan oleh sakit kepala cluster. Kondisi ini erat hubungannya dengan kondisi hipotalamus pada otak. Gejala lain yang menyertainya antara lain:

  • Salah satu pupil mengecil.
  • Salah satu kelopak mata bengkak.
  • Mata menjadi sering berair dan memerah.
  • Telinga merah.
  • Hidung tersumbat.
  • Wajah berkeringat.

Kondisi ini bisa dipicu dari aktivitas olahraga, suhu yang terlalu terik, konsumsi minuman keras dan rokok serta mencium bau yang terlalu pekat.

2. Hemicrania continua.

Kondisi ini memiliki gejala lainnya yaitu pupil mata mengecil dan kelopak mata turun, rasa sakit terjadi hari demi hari dan semakin parah. Kepala yang sakit akan berwarna kemerahan dan menyebabkan hidung tersumbat dan mata berair.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala sebelah khususnya di sebelah kanan, berikut ini adalah cara-cara sederhana yang bisa Anda coba untuk menghilangkannya:

  • Minum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya.
  • Pastikan Anda beristirahat dengan cukup yaitu 7 hingga 8 jam setiap hari.
  • Hindari penyebab sakit kepala seperti parfum dengan bau menyengat dan berada di bawah terik matahari.
  • Hindari stress.
  • Makan teratur.
  • Batasi penggunaan obat-obatan.

Namun jika sakit kepala sangat mengganggu hingga menyakitkan dan berlangsung lama, bisa jadi penyebabnya lebih serius dibandingkan yang diduga. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan penyelidikan sehingga mengetahui penyebab pastinya.

Sakit kepala sebelah kanan jangan disepelekan. Jika hal tersebut terjadi sesekali saja dan bisa menghilang dalam hitungan waktu yang cepat maka tindakan sederhana di atas bisa Anda terapkan untuk mencegahnya kambuh kembali. Namun jika rasa sakit sudah terlalu parah hingga mengganggu aktifitas sehari-hari, sebaiknya segera menemui dokter untuk dilakukan tes menyeluruh. Jangan menganggap sepele rasa sakit yang berasal dari kepala karena di dalamnya terdapat otak yang memiliki fungsi vital bagi kehidupan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *