Tampak Memukau, Berikut Tips Mengatur Pencahayaan Rumah Minimalis

  • Whatsapp
Tampak-Memukau-Berikut-Tips-Mengatur-Pencahayaan-Rumah-Minimalis
Foto dari Canva Pro

Dalam membangun rumah dengan konsep minimalis, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari bentuk eksterior hingga ke interiornya. Pada bagian interior juga tidak hanya furnitur dan penempatan ornamen pendukung saja yang diperhatikan, namun penataan pencahayaan juga perlu dipertimbangkan. Penataan cahaya yang tepat akan menimbulkan kesan nyaman dan memukau. Berikut tips mengatur pencahayaan rumah minimalis agar elegan.

Cara Mengatur Tata Cahaya Dalam Rumah

1. Mengenali Jenis Lampu Dan Fungsinya

Sebelum memutuskan membeli lampu, seharusnya anda mengenali terlebih dahulu jenis dan fungsinya. Ada beberapa jenis lampu yang biasa ditemui, seperti lampu pijar, LED, dan lampu neon. Jenis lampu yang dipilih seharusnya menyesuaikan dengan ruangan. Misalnya untuk ruangan yang tidak memerlukan cahaya tinggi, anda dapat memilih pencahayaan dari lampu pijar.

2. Menentukan Color Rendering

Color rendering bisa diartikan sebagai kemampuan dari sumber cahaya, dimana semakin tinggi angka satuan, maka cahaya semakin berwarna putih kebiruan. Sebaliknya, jika angka satuan semakin rendah, maka cahaya berupa kuning kemerahan. Penentuan color rendering ini sangat dibutuhkan dalam mengatur pencahayaan ruangan. Misalnya, jika ingin membuat suasana santai dan nyaman, maka penempatan lampu warna kuning pada ruang bersantai adalah pilihan tepat.

3. Penambahan Jendela

Tips mengatur pencahayaan rumah dapat dilakukan dengan penambahan jendela. Dengan adanya jendela, cahaya natural dari matahari akan masuk ke dalam rumah sehingga hunian akan tampak lapang dan luas. Selain itu, juga akan menambah kesan hangat pada interior rumah. Maka dari itu, agar rumah terlihat tampak terang meskipun di pagi hari, tak ada salahnya untuk menambahkan jendela pada beberapa ruangan

4. Penyesuaian Dengan Ruang

Pencahayaan pada setiap tempat dalam rumah pasti berbeda, karena setiap ruangan juga memiliki fungsi yang tidak sama. Misalnya saja pencahayaan pada ruang keluarga pasti berbeda dengan dapur. Pada tempat berkumpul keluarga biasanya menggunakan berbagai jenis lampu dengan intensitas yang berbeda, sedangkan pada dapur sebaiknya menggunakan intensitas yang lebih tebih terang, agar memudahkan saat memasak.

Terdapat beragam cara untuk mengatur pencahayaan dalam rumah agar terlihat elegan. Hal utama yang harus diperhatikan ialah, anda seharusnya menatanya sesuai dengan kebutuhan ruangan, bukan asal terlihat terang saja. Penataan cahaya yang kurang tepat akan membuat rumah tampak tidak menarik. Pada rumah minimalis, pilihan lampu bercahaya putih adalah yang paling tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *