Ini 4 Bahayanya Terlalu Sering Mengkonsumsi Mie Instan

  • Whatsapp
Ini-4-Bahayanya-Terlalu-Sering-Mengkonsumsi-Mie-Instan-Menurut-SehatQ.Com
Foto dari Canva Photos Unlimited

Himbauan untuk di rumah saja tentu membuat Anda harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan pangan. Sayuran dengan nutrisi tinggi tentu tidak bisa dipasok dalam jumlah banyak karena rawan busuk. Alhasil, banyak orang yang memilih memasok mie instan berpuluh-puluh kardus agar tidak perlu lagi keluar rumah ketika lapar. Padahal, mengkonsumsi mie instan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Memilih mie instan sebagai makanan pokok selama pandemi Covid-19 bukanlah pilihan yang bijaksana. Seharusnya, di tengah wabah yang mengguncang dunia ini, kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Bukan malah mengkonsumsi mie instan.

Bahasa Terlalu Sering Konsumsi Mie Instan

Untuk Anda yang terlanjur memasok mie instan dalam jumlah banyak, ini bahayanya terlalu sering mengkonsumsi mie instan yang perlu diwaspadai.

1. Kadar garam yang tinggi

Bumbu mie instan memiliki kadar garam yang tinggi. Sebenarnya, garam bukanlah bumbu dapur yang berbahaya jika dikonsumsi sesuai kadarnya. Yang membuat garam berbahaya adalah karena kadarnya yang berlebihan sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk orang dewasa, garam hanya boleh dikonsumsi sebanyak 5 gram atau setara dengan 1 sendok makan per harinya. Padahal kandungan garam yang ada di dalam bumbu mie instan sudah memenuhi 88% dari total konsumsi garam harian dan Anda masih mendapatkan konsumsi garam dari mengkonsumsi makanan lainnya.

3. Mie instan sulit dicerna

Bahaya yang kedua karena mie instan sulit dicerna. Berbeda dengan jenis makanan lainnya, tubuh membutuhkan waktu lebih banyak untuk mencerna mie instan yang Anda konsumsi. Apa akibatnya? Akibatnya adalah kadar gula darah dalam tubuh menjadi terganggu dan begitu juga dengan proses pelepasan insulin.

4. Mengandung senyawa TBHQ

TBHQ  merupakan singkatan dari tertiary butylhydroquinone, yaitu senyawa yang digunakan untuk mengawetkan mie instans agar tidak cepat busuk. Sama seperti mengkonsumsi garam, senyawa ini aman dikonsumsi selama takarannya sedikit. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau terus menerus, TBHQ bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

Dalam sebuah penelitian, pada sebagian orang senyawa ini bisa menyebabkan gangguan penglihatan dan kerusakan DNA.

5. Mengandung MSG

MSG atau Monosodium Glutamate adalah penyedap rasa yang terkandung dalam bumbu mie instan. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi MSG tidak menimbulkan bahaya sama sekali meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sedangkan bagi sebagian yang lain, MSG bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti ketegangan otot, tekanan darah tinggi, hingga sakit kepala.

Demikian 4 bahayanya mengkonsumsi mie instan secara terus menerus. Jika hanya sesekali mengkonsumsinya, mie instan menjadi tidak berbahaya. Tapi jika dikonsumsi terus menerus setiap hari hingga sudah menjadi makanan pokok, mie instan sangat berbahaya bagi tubuh.

Jika Anda mengalami keluhan kesehatan karena keseringan mengkonsumsi mie instan, jangan terburu-buru untuk datang berkonsultasi. Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, Anda tidak disarankan untuk mengunjungi rumah sakit jika tidak dalam kondisi gawat darurat. Lebih baik, Anda menggunakan platform kesehatan berbasis online seperti SehatQ.com.

Platform ini memiliki aplikasi yang bisa Anda pasang di smartphone Anda. Fitur-fiturnya menarik, seperti:

  1. Fitur Chat, untuk konsultasi atau tanya-tanya dengan tenaga medis secara langsung mengenai topik apapun
  2. Fitur booking dokter, untuk membuat janji temu
  3. Fitur Toko SehatQ, untuk membeli alat-alat kesehatan termasuk obat
  4. Artikel, memuat berbagai informasi terkait dunia kesehatan
  5. Forum, Anda bisa bertanya atau merespon terkait dunia kesehatan di sini

Jadi, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk mendapatkan layanan dari tenaga medis, namun juga bisa digunakan untuk mencari informasi terpercaya dunia kesehatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *