Anak Anda Demam? Gunakan 5 Cara Ini Turunkan Demam Anak

  • Whatsapp
Anak-Anda-Demam-Gunakan-5-Cara-Ini-Turunkan-Demam-Anak
Foto dari Canva Pro

Tiap orangtua tentu akan mempunyai pengalaman tersendiri saat si kecil tiba-tiba terserang demam. Pada dasarnya demam adalah reaksi dari tubuh yang sedang memerangi infeksi dan terjadi secara alami. Cara menurunkan demam ringan juga tidaklah sulit dan bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat. Anda bisa mencoba untuk mengompres anak Anda dengan kain atau membeli bye bye fever.

Cara Turunkan Demam Anak

Saat anak terserang demam mungkin Anda akan sedikit khawatir dan kebingungan untuk memikirkan cara mengatasi hal tersebut. Terlebih lagi jika Anda tidak memiliki pengalaman merawat orang sakit. Berikut akan dijelaskan beberapa cara untuk menurunkan demam anak yang mudah serta bisa dilakukan di rumah:

1. Mandikan Air Hangat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memandikan atau membasuh tubuh anak menggunakan air yang hangat. Tidak ada larangan memandikan anak saat demam. Namun tetap dengan catatan wajib menggunakan air yang hangat dan sesuai.

Menggunakan air dingin di saat anak demam bisa menyebabkan hal-hal yang akan memperburuk kondisi sang anak seperti membuat suhu tubuhnya meningkat serta membuat anak Anda mungkin menggigil kedinginan karena air dingin yang diberikan.

2. Berikan Kompres

Pilihan lain yang bisa Anda coba ialah memberikan kompres kepada anak. Anda bisa menggunakan kompres biasa ataupun membeli kompres instan yang biasanya tersedia di toko atau warung terdekat seperti bye bye fever ataupun kompres lain yang sesuai.

Kompres yang akan digunakan bisa diletakkan di berbagai bagian tubuh seperti dahi, perut, ketiak maupun bagian dada. Pastikan Anda mengompres tubuhnya dengan posisi berbaring dan mendiamkan kompres di badan anak selama 20 menit atau 30 menit.

3. Beri Makanan dan Minuman yang Cukup

Hal yang tak kalah penting yang perlu diperhatikan saat anak terkena demam adalah nutrisi yang diterima oleh tubuh anak. Terutama kebutuhan cairan tubuh yang harus tercukupi sehingga menghindari anak mengalami dehidrasi saat mengalami demam.

Anda perlu memastikan kualitas makanan serta minuman yang menjadi asupan anak saat mengalami demam. Sehingga makanan serta minuman yang dicerna akan membantu tubuh untuk melawan penyakit yang sedang menyerang imun tubuhnya.

4. Hindari Pakaian Terlalu Tebal

Saat demam terjadi akan lebih baik memilih pakaian yang nyaman dan tak memiliki bahan terlalu tebal untuk dipakai oleh anak. Karena jika memilih menggunakan pakaian tebal bisa menyebabkan tubuh sang anak terasa sangat kepanasan dan mempersulit proses pengeluaran panas tubuh. Sehingga hal tersebut akan berimbas pada demam yang akan menjadi sulit untuk reda dan sembuh dari tubuhnya.

5. Jaga Suhu Ruangan dan Berikan Obat-obatan

Suhu ruangan tempat Anda merawat anak juga harus diperhatikan. Anda boleh menyalakan AC ruangan ataupun kipas angin untuk membuat ruangan tersebut tetap sejuk dan terasa nyaman untuk anak. Namun, jangan sampai kipas atau AC tersebut terarah langsung kepada anak. Anda juga bisa memberikan obat penurun demam saat dirasa obat tersebut diperlukan serta aman untuk dikonsumsi oleh anak.

Itulah beberapa cara mudah dan cepat untuk menyembuhkan demam pada anak. Untuk berjaga-jaga jika anak terserang demam, mungkin Anda bisa menyediakan obat-obatan serta kompres seperti bye bye fever di rumah. Sehingga saat anak terserang demam bisa mengatasi hal tersebut dengan cepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *