6 Tips Langkah Perawatan Motor Listrik Gesit

  • Whatsapp
6-Tips-Langkah-Perawatan-Motor-Listrik-Gesit
Foto dari blibli

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, tampaknya tak sulit menemukan alat transportasi yang juga semakin canggih. Salah satu contohnya adalah motor listrik Gesit yang hadir memberi pilihan mode transportasi praktis dan mudah digunakan. Brand motor listrik yang satu ini menyediakan beragam pilihan kendaraan dengan tipe bervariasi.

Merawat Motor Listrik

Setiap jenis produk pasti membutuhkan perawatan yang tepat. Begitupun dengan motor listrik yang bisa rusak tiba-tiba. Agar tak terjadi kerusakan yang tak diharapkan, berikut adalah 6 tips langkah perawatan yang bisa Anda lakukan:

1. Cek Kondisi Baterai

Pemeriksaan berkala sangat penting untuk memastikan motor listrik dalam kondisi yang baik. Salah satu bagian yang penting untuk diperiksa adalah baterainya. Cek kondisi baterainya apakah dalam posisi penuh atau tidak, terutama saat akan bepergian. Jika motor sedang tidak digunakan, sangat disarankan untuk melepaskan baterai terlebih dahulu.

Pemeriksaan bagian baterai sangat penting terutama di musim penghujan. Saat musim hujan sangat mungkin ada air yang masuk merembes menuju area baterai. Hal ini tentu bisa menyebabkan terjadinya korsleting dan memicu kerusakan. Periksa secara berkala dan pastikan area baterai selalu terjaga kering.

2. Cek Kondisi Ban

Sama seperti kendaraan biasa, ban juga harus diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisinya bagus atau tidak. Pastikan ban yang digunakan tidak dalam kondisi gundul supaya motor tidak licin saat digunakan. Anda juga bisa segera melakukan penggantian ban apabila motor mulai tidak stabil saat ditumpangi. Sangat disarankan untuk mengganti dengan ban yang baru agar kualitasnya terjamin.

3. Bersihkan Motor dengan Benar

Motor listrik Gesit tentu harus dijaga dengan baik kondisi sparepart hingga kebersihannya. Salah satu cara menjaga kebersihan motor ini adalah dengan mencucinya. Namun, pencucian motor jenis ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Pantangan yang harus dihindari adalah mencuci motor listrik menggunakan air yang bertekanan tinggi.

Saat menggunakan air dengan tekanan tinggi maka sangat memperbesar kemungkinan air masuk ke komponen-komponen penting. Lebih baik gunakan kanebo saja untuk membersihkan setiap bagian dari bodi motor. Jika memaksakan diri memakai air bertekanan maka bisa saja nanti akan terjadi korsleting akibat adanya air yang masuk.

4. Gunakan Pelumas

Salah satu poin penting dalam menjaga kondisi motor listrik adalah memastikan setiap komponen terlumasi dengan baik. Saat bekerja, ada beberapa bagian komponen yang terus bergesekkan. Jika tidak ada pelumas maka bagian yang bergesekan itu bisa menjadi aus. Agar tidak cepat aus maka oleskan pelumas khusus sesuai dengan kebutuhan motor tersebut.

5. Cek Kampas Rem

Bagian lain yang juga penting untuk diperiksa adalah kampas rem. Bagian ini menjalankan fungsi penting dalam pengereman. Pastikan bahwa kampas rem dalam kondisi bagus dan masih layak untuk digunakan. Apabila kampas rem sudah tidak baik kondisinya maka segera lakukan penggantian. Pemeriksaan kampas rem ini sebaiknya dilakukan setiap dua maupun tiga bulan sekali.

6. Hindari Menerobos Genangan Air

Perlu diingat bahwa motor yang Anda miliki merupakan motor bertenaga listrik. Maka terdapat komponen listrik di dalamnya yang tidak boleh terkena air. Hindari menerobos genangan air menggunakan motor listrik seperti ini. Meskipun sebenarnya memang motor listrik sudah didesain aman melewati genangan air. Namun alangkah jauh lebih baik apabila menghindarinya sebisa mungkin.

Itulah tadi 6 langkah perawatan motor listrik Gesit. Motor tipe ini memang sangat membantu untuk bepergian ke berbagai tempat. Selain lebih praktis juga motor listrik lebih hemat energi. Lakukan perawatan yang tepat agar motor ini bisa bertahan dengan performa prima untuk jangka waktu yang lama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *