5 Cara Meredakan Nyeri Haid, Minum Kiranti Salah Satunya!

  • Whatsapp
5-Cara-Meredakan-Nyeri-Haid-Minum-Kiranti-Salah-Satunya
Foto dari Canva Pro

Bagi kaum perempuan, nyeri haid merupakan kondisi yang akan terasa begitu mengganggu. Kondisi ini harus mereka alami setiap bulan saat masa menstruasi segera datang. Pada sebagian orang nyeri haid bahkan bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan sulit untuk beraktivitas. Minum Kiranti bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk membantu membuat rasa nyeri pada perut mereda.

Meredakan Nyeri Haid

Kram perut mendekati masa menstruasi memang sangat mengganggu. Rasa sakit ini sudah pasti akan datang dan seringkali membuat mood langsung turun. Agar tidak membuat aktivitas terhambat, silakan terapkan 5 cara meredakan nyeri haid berikut ini:

1. Cobalah Berolahraga Ringan

Saat nyeri haid menyerang tubuh memang terasa lemas dan tak ingin beraktivitas. Jangankan olahraga, melakukan rutinitas sehari-hari seperti mandi dan berjalan saja sulit. Namun, sebisa mungkin cobalah untuk bergerak. Menggerakkan tubuh atau berolahraga ringan akan sangat membantu untuk meringankan nyeri haid yang Anda rasakan.

Pilihlah jenis olahraga ringan seperti jalan-jalan. Lakukan stretching agar tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, olahraga yoga juga bisa jadi pilihan untuk meredakan nyeri haid tanpa harus beraktivitas berat. Olahraga akan membantu hormon endorfin dalam tubuh terlepas sehingga mengurangi rasa sakit yang diderita.

2. Kompres Air Hangat

Salah satu langkah efektif untuk meredakan nyeri haid adalah memberikan kompres air hangat di area perut. Sensasi panas atau hangat yang diberikan di area perut akan mengurangi nyeri yang dirasakan. Anda bisa memakai handuk kecil yang sebelumnya direndam dengan air hangat. Bisa juga memakai bantal pemanas lalu tempelkan ke perut bagian bawah.

Suhu yang tinggi juga bisa membantu otot pada rahim menjadi lebih rileks. Kondisi ini akan membuat kram menjadi lebih reda dan nyeri terasa lebih ringan. Selain menempelkan kompres hangat di bagian perut, tempelkan juga pada bagian punggung.

3. Minum Pereda Nyeri Haid

Ada banyak pilihan produk pereda nyeri haid yang bisa dikonsumsi. Langkah ini bisa dipilih apabila nyeri haid memang sudah tidak tertahankan lagi. Salah satunya adalah produk Kiranti yang punya beragam varian rasa dan terbukti efektif untuk meredakan nyeri haid. Konsumsi produk ini bisa jadi solusi bagi Anda yang kesulitan mendapatkan jamu tradisional pereda nyeri saat menstruasi akan segera tiba.

4. Oleskan Essential Oil

Anda pasti sudah sangat akrab dengan produk essential oil yang banyak beredar saat ini. Produk ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri haid. Gunakan essential oil dengan aroma yang disukai untuk memijat area perut. Pijatan lembut dengan essential oil akan membuat nyeri mereda. Selain itu aroma essential oil yang menenangkan juga akan membuat otot-otot tubuh lebih rileks.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Saat nyeri haid menyerang, segera ubah pola makan Anda. Jika sebelumnya Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat maka segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Saat haid tubuh butuh energi yang besar agar bisa menghadapi nyeri perut. Selain itu konsumsi makanan sehat juga akan menghindarkan tubuh dari rasa lemas.

Buah dan sayur menjadi jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat menstruasi akan segera tiba. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi protein dan minum cukup air agar tidak dehidrasi. Jika tubuh sampai dehidrasi maka kram perut yang dirasakan saat haid akan jauh lebih kuat.

Itulah 5 pilihan cara meredakan nyeri haid. Anda juga bisa mencoba beberapa jenis cara jika nyeri haid tidak bisa berkurang dengan menerapkan satu cara saja. Konsumsi Kiranti dan mengompres perut serta punggung dengan air hangat bisa jadi kombinasi yang tepat untuk membuat nyeri haid berkurang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *