4 Cara Merawat Ponsel Android Agar Tidak Lola (Loading Lama)

  • Whatsapp
4-Cara-Merawat-Ponsel-Android-Agar-Tidak-Lola-Loading-Lama

Merawat ponsel android Anda agar tidak lola (loading lama) dan awet sebenarnya bukan perkara yang sulit. Ponsel android, misalnya Vivo S1 Pro, berbeda dengan perangkat seluler biasa karena memiliki lebih banyak fitur dan berlayar lebar sehingga terdapat operasi layar sentuh. Tidak jarang terjadi kerusakan pada ponsel android seperti layar tidak lagi sensitif saat disentuh. Penggunaan banyak fitur pada waktu bersamaan tentu akan membuat ponsel android bekerja lebih ekstra dan mengakibatkan baterai menjadi drop atau cepat habis.

Berkembangnya alat komunikasi, salah satunya ponsel android tentu saja memudahkan pekerjaan Anda dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beruntungnya, kehadiran teknologi canggih yang satu ini tidak disertai dengan harga yang mahal, sehingga siapa pun dapat memilikinya. Tapi sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara merawat ponsel android agar tidak cepat rusak dan lola (loading lama).

Cara Merawat Ponsel Android

Ada banyak cara yang mudah dan dapat Anda lakukan untuk merawat ponsel android agar lebih awet. Dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini, Anda tidak perlu repot-repot membawa ponsel ke tempat service, menjual, atau bahkan membeli yang baru karena terjadi kerusakan.

1. Merawat Sector Body Ponsel

Untuk menjaga keawetan dan kemulusan badan ponsel, Anda perlu merawat sector body android. Caranya cukup mudah, Anda dapat membeli pelindung badan ponsel, biasanya berupa hardcase dan softcase. Sementara untuk melindungi layar ponsel dari goresan-goresan halus yang tak kasat mata, gunakanlah screen protector.

2. Tidak Instal Banyak Aplikasi

Kebanyakan orang, barangkali juga Anda, langsung mengunduh banyak aplikasi ketika memiliki ponsel android baru. Padahal bisa saja, Anda tidak memahami betul apakah aplikasi tersebut bermanfaat atau tidak. Untuk menjaga agar ponsel Vivo S1 Pro tetap lancar dan tidak lemot, unduhlah aplikasi secukupnya saja, tidak berlebihan.

 3. Menjaga Layar Ponsel

Menjaga layar ponsel agar tidak tergores turut berperan dalam menjaga keawetan dan kelancaran ponsel Anda. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, pertama, saat membeli ponsel pasangkanlah pelindung pada layar (screen guard). Dengan demikian, layar tidak sekadar terlindung dari goresan, melainkan juga air atau minyak. Kedua, gunakanlah jari, bukannya kuku untuk menyentuh layar. Pastikan bahwa tangan Anda bersih dan kering. Karena layar ponsel sangat sensitif, sebaiknya Anda tidak terlalu mengetuk atau menekannya.

Langkah ketiga, hindarkan ponsel dari paparan langsung sinar matahari karena dapat membuat kualitasnya menurun. Keempat, rajinlah dalam membersihkan layar ponsel dari berbagai macam debu dan kotoran yang menempel menggunakan tisu lembut. Kelima, hindarilah meletakkan atau menyimpan ponsel di saku celana, terutama jeans karena cenderung lebih sempit. Hal tersebut menyebabkan ponsel lebih gampang nge-hang atau nge-lag. Terakhir, hindarkan android dari benda-benda mengandung magnet seperti TV, laptop, kulkas, dan sebagainya.

4. Hindari Multitasking

Salah satu penyebab banyak orang tidak dapat menjaga keawetan ponselnya adalah tidak bisa menghindari atau sering menggunakan banyak aplikasi pada waktu yang bersamaan (multitasking). Perlu Anda ketahui bahwa meskipun android mampu melakukan operasi multitasking, namun tetap saja memiliki batasannya sendiri. Terlalu sering melakukan operasi multitasking akan membuat ponsel Anda menjadi cepat panas, sehingga android pun akan lola.

Itulah empat tips menjaga ponsel android Anda agar tetap awet dan tidak lola. Ponsel android sekelas Vivo S1 Pro, memang memiliki beberapa keunggulan, sehingga banyak diminati masyarakat, salah satunya adalah harganya yang terjangkau. Meskipun demikian, Anda sebaiknya memahami cara merawat ponsel sebelum membelinya, dengan demikian, akan terhindar dari mengeluarkan uang yang tidak perlu, misalnya untuk service.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *